Jumat, 23 Oktober 2015

Hidayatullah Muttaqin, SE, MSI



Hidayatullah Muttaqin, Lahir di Alabio, 14 Juni 1979 merupakan salah satu dosen muda IESP yang memiliki reputasi gemerlap. Namanya di dunia maya sangat "google frendly", tak percaya..ketik saja Hidayatullah Muttaqin di lembar pencarian google maka dalam waktu 0,37 detik didapatkan hasil 76.800 laman yang terkait dengan namanya....luar biasa.Itu menunjukkan aktivitasnya yang luar biasa, baik dalam bentuk tulisan atau pun kegiatan yang dilakukan oleh beliau yang mampu dideteck oleh mbah goole.

Hasil pemikiranya dalam bentuk tulisan banyak berserakan, tak hanya di media lokal tetapi juga di media nasional, belum lagi yang terekam di situs online yang dikelolanya.(seperti: jurnal ideologis). Untuk Jurnal ideologis ini merupakan salah satu situs tentang ekonomi yang banyak di kunjungi para netter dan menjadi rujukan bagi orang bahkan media yang ingin membaca analisis ekonomi secara ideologis

Memulai studi starata satu di FE Unlam pada jurusan IESP, kecintaan mantan ketua Forum Studi Al Quran  pada ekonomi syariah membuatnya berlabuh mengambil jurusan Ekonomi Islam di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada strata dua.

Kesibukannya mengajar di FEB Unlam tak mengurangi aktivitasnya dalam menulis, meneliti dan bahkan memberikan pencerahan tentang ekonomi ideologis/Islam pada masyarakat dalam bentuk seminar, lokakarya workshop,diskusi publik maupun dialog interaktif.

Bersama-sama tim dosen yang lain beliau juga aktif melakukan kerjasama penelitian dengan berbagai pemerintah daerah dan memberikan solusi praktis bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan publik


Curriculum Vitae

Pendidikan:
1.   Magister Studi Islam (MSI), Konsentrasi Ekonomi Islam di Universitas Islam Yogyakarta, Juli 2008.
2.   Sarjana Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, Agustus 2002.

Pengalaman Kerja:
1.   Staf Administrasi dan Keuangan Sub Project Management Unit Technological and professional skills Development sector project (SPMU-TPSDP) ADB loans No. 1792-INO, Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, September 2002 sampai dengan Januari 2003.
2.   Asisten Dosen / Instruktur Mata Kuliah Aplikasi Komputer Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat, dari September 2001 sampai dengan Juli 2002.


Kegiatan Profesional yang diikuti:
1.   Training course Local Economic Development, 17-28 November 2014 di Den Haag, Belanda, penyelenggara: The Hague Academy for Local Governance.
2.   Workshop dan Konferensi Growth Strategies for A Rising Indonesia, 9-11 Oktober 2014 di Denpasar, penyelenggara: Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI.
3.   Jakarta International Conference of Muslim Intelectuals (JICMI) 2013, 14-15 Desember 2013 di Jakarta, penyelenggara: Hizbutt Tahrir Indonesia.
4.   Seminar Nasional dan Silaturahim Ekonomi Islam 2013, 26 November 2013 di Surakarta, penyelenggara: PSE LPPM Universitas Sebeleas Maret bekerjasama dengan FORDEBI.
5.   The 23rd Pacific Conference of the Regional Science Association International (RSAI) dan The 4th Indonesian Regional Science Association (IRSA) Institute, 2-4 Juli 2013 di Bandung, penyelenggara: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran bekerjasama dengan PRESCO dan IRSA.
6.   Training of Trainer (TOT) Pemikiran Ekonomi Islam, 17-18 April 2013 di Malang, penyelenggara: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
7.   Pelatian Penyusunan Proposal Penelitian Kualitatif, 13 April 2013 di Banjarmasin, penyelanggara: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam.
8.   Training Fiqh Muamalah Advance on Islamic Banking and Finance, 14-15 Februari 2013 di Jakarta, penyelanggara: Iqtishad Consulting.
9.   Seminar Nasional “Sinergi dalam Membangun SDM Ekonomi, Bisnis/Manajemen, dan Akuntansi Syariah”, 20 Desember 2012 di Bandung, penyelenggara: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran bekerjasama dengan FORDEBI.
10.        The Expert Workshop "Development, Environment and the People of Kalimantan", 13-14 November 2012 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam  bekerjasama dengan IRSA.
11.        The 11th IRSA International Conference, 9-11 Juli 2012 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam bekerjasama dengan IRSA.
12.        Seminar Internasional “International Sustainability Forum on Islamic Economics and Business, 30 November 2011 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam dengan FORDEBI.
13.        Workshop Nasional Kedua Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Islam, dan Akuntansi Syariah, 29 November 2011 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam bekerjasama dengan FORDEBI.
14.        International Conference on Fiscal Decentralization, 13-14 September 2011 di Jakarta, penyelenggara: Kementerian Keuangan RI.
15.        Workshop Nasional Pertama Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Islam, dan Akuntansi Syariah, 7-8 Mei 2010 di Malang, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
16.        Seminar Nasional Geocampus “Riset Geomatika untuk Optimasi Bisnis dan Kajian Ekonomi”, 15 Oktober 2009 di Banjarmasin, penyelenggara: Jurusan IESP FE Unlam bekerjasama dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.
17.        Pelatihan Implimentasi Sistem Informasi Program Studi Berbasis Komputer, 16 Juni 2006 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam bekerjasama dengan HEDS Project.
18.        Seminar Tips dan Trik Membedah Jurnal, 18 Mei 2006 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam.
19.        Panataran dan Lokakarya Metodologi Penelitian, 6-10 Juni 2005 di Banjarmasin, penyelenggara: Lembaga Penelitian Unlam.
20.        Lokakarya Peningkatan Kemampuan Metode Pembelajaran Inovatif, 9 April 2005 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam berkerjasama dengan Proyek Due Like Batch II.
21.        Lokakarya Tugas, Fungsi, dan Peran Dosen, 26 Maret 2005 di Banjarmasin, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Unlam berkerjasama dengan HEDS Project.

Penelitian dan Kajian dari Pemerintah:
1.   Penyusunan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kota Banjarmasin Tahun 2016-2020, Badan Perencanaan Daerah Kota Banjarmasin, 2015, sebagai anggota Tim Penyusun SIDa.
2.   Kajian Dampak Sosial Ekonomi Minimarket Moderen di Kota Banjarmasin, penelitian dibiayai oleh Indomaret, 2015, penulis pertama: M. Handry Imansyah, penulis anggota: Syahrituah Siregar, Suryani, dan Hidayatullah Muttaqin.
3.   Kajian Studi Kelayakan Perusahaan Daerah Pasar Kota Banjarmasin, penelitian dibiayai oleh Dinas Pengelolaan Pasar Pemerintah Kota Banjarmasin, 2015, penulis pertama: M. Handry Imansyah, penulis anggota: Syahrituah Siregar, Suryani, Hidayatullah Muttaqin, Na’imatul Aufa.
4.   Penyusunan Revisi RPJPD Kota Banjarmasin 2006-2025, Badan Perencanaan Daerah Kota Banjarmasin, 2015, sebagai anggota Tim Penyusun.
5.   Impact of Global Financial Crisis on the Indonesian Economy: An Input-Output Analysis, Jurnal China-USA Business Review Volume 13, Number 9, September 2014, Penerbit David Publishing, penulis pertama: M. Handry Imansyah, penulis anggota: Suryani, Syahrituah, Muzdalifah, dan Hidayatullah Muttaqin.
6.   Penyusunan Background Study RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan 2016-2020, Badan Perencanaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, 2014, sebagai anggota Tim Penyusun.
7.   Tinjauan Ketimpangan Ekonomi di Negeri-Negeri Islam, paper untuk Jakarta International Conference of Muslim Intelectuals, 14 Desember 2013, Jakarta. Penulis: Hidayatullah Muttaqin.
8.   Politik Pertumbuhan dalam Perspektif Ekonomi Islam, paper untuk Seminar Nasional Peranan Ekonomi Islam dalam Menghadapi Krisis Keuangan Global, 26 November 2013, kerjasama Universitas Sebelas Maret dan FORDEBI, Surakarta. Penulis Hidayatullah Muttaqin.
9.   Kajian Pra Studi Pengembangan Pusat Perbelanjaan Kamboja, penelitian dibiayai Badan Perencanaan Daerah Kota Banjarmasin, 2013, sebagai anggota Tim Kajian.
10.        Potential Impact of European Union and US Financial Crisis to the Indonesian Economy: An Input-output Analysis (English), paper untuk “The 11th Indonesian Regional Science Conference" July 9th-11th, 2012, Banjarmasin, Kerjasama Fakultas Ekonomi Unlam dengan IRSA, Penulis Pertama: M. Handry Imansyah, Penulis anggota: Suryani, Syahrituah Siregar, Muzdalifah, Hidayatullah Muttaqin.
11.        Pemetaan Potensi Ekonomi Kota Banjarbaru 2011, penelitian dibiayai Badan Perencanaan Pembangunan Kota Banjarbaru, 2011, penulis pertama: Syahrituah Siregar, penulis anggota: Hidayatullah Muttaqin dan Khairul Sa'roni.
12.        Simulas Potensi Dampak Krisis Keuangan di Eropa dan Amerika Serikat terhadap Indonesia, penelitian dibiayai Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI, 2011, penulis pertama: M. Handry Imansyah, penulis anggota: Suryani, Syahrituah Siregar, Muzdalifah, dan Hidayatullah Muttaqin.
13.        An Exploration of the Performance between Shariah Banks and Conventional Banks During Global Financial Turbulence (English), paper untuk “International Sustainability Forum on Islamic Economics and Business”, 30 November 2011, Banjarmasin, Kerjasama Fakultas Ekonomi Unlam dengan FORDEBI, penulis pertama: M. Handry Imansyah, penulis kedua: Hidayatullah Muttaqin.
14.        Analisis Industri Kecil dan Menengah pada Perekonomian Kota Banjarmasin 2007, penelitian dibiayai Badan Perencanaan Pembangunan Kota Banjarmasin, 2007, Penulis pertama: Saipuddin, penulis anggota: Na'imatul Aufa, Hidayatullah Muttaqin dan Ryan J. Anward.
15.        Masterplan Penanaman Modal Kabupaten Kotabaru, penelitian dibiayai Dinas Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, 2007, penulis utama: Suryani, penulis anggota: Syahrituah Siregar dan Hidayatulah Muttaqin.

Narasumber dalam kegiatan ilmiah:
1.   Narasumber Economic Club 2014 “Problematika Perekonomian yang Mengiringi Perkembangan Ekonomi Daerah Kalimantan Selatan”, 20 Desember 2014, Banjarmasin, penyelenggara: HIMIESPA FEB Unlam.
2.   Narasumber Diskusi Publik “Tantangan Ekonomi dan Pembangunan di Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam, 9 Maret 2013, Banjarmasin, penyelenggara: KSEI-FSQ FE Unlam.
3.   Narasumber Diklat Ekonomi Islam “Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Islam”, 25 November 2012, Banjarmasin, penyelenggara: KSEI-FSQ FE Unlam.
4.   Narasumber Studi Intensif Ekonomi Islam (Kuliah Informal Ekonom Islam), Semester Ganjil 2012/2013, Banjarmasin, penyelenggara: KSEI-FSQ FE Unlam.
5.   Narasumber Studium Generale Temu Ilmiah Nasional Forum Silaturahmi Ekonomi Islam (FOSSEI) “Rekonstruksi Sistem Kepemilikan Sumber Daya Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat,, 12-13 Maret 2011, Banjarmasin, penyelenggara: Kerjasama KSEI-FSQ FE Unlam dengan FOSSEI.
6.   Narasumber Workshop “Matakuliah Perdagangan Bebas dan Perjanjian Internasional”, 17 November 2010, Jakarta, penyelenggara: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Profesor Dr. HAMKA.
7.   Narasumber Workshop Perdagangan Bebas dan Perjanjian Internasional, 14-16 November 2010, Yogyakarta, penyelenggara: Institute for Global Justice.
8.   Narasumber Seminar Nasional Ekonomi Syariah Ekonomi Islam sebagai Solusi untuk Pembangunan Daerah, 10 November 2010, Banjarmasin, penyelenggara: kerjasama Bank Indoneisa Banjarmasin dengan Masyarakat Ekonomi Syariah Kalimantan Selatan.

Kantor:
Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Lambung Mangkurat
Jl. H. Hasan Basri Kotak Pos 29, Banjarmasin 70123.
Kalimantan Selatan, Indonesia.
Telp. +625113305116 / Fax. +625113306654
Email:  hidayatullah@muttaq.in / hmuttaqin@unlam.ac.id


Banjarmasin, 22 Oktober 2015

Ttd,


Hidayatullah Muttaqin

0 komentar:

Posting Komentar